Sunday, 13 April 2008

UI Perluas Jalur Masuk Mahasiswa Baru

Universitas Indonesia memperluas jalur penerimaan mahasiswa baru bagi putra daerah serta mereka yang berprestasi ditingkat nasional dan internasional. Namun, pengadaan program jalur terbaru ini tidak menghapus jalur-jalur lama seperti Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri, yang merupakan pengganti SPMB, serta jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar.
Rektor UI Gumilar Rusliwa S di Jakarta, Jumat (11/4) mengatakan, pembukaan jalur baru penerimaan mahasiswa baru ini dilakukan lewat program Kerja sama Daerah dan Industri.
Untuk putra daerah, peluang ini sebagai pemerataan sumber daya manusia berkualitas, sedangkan bagi yang berprestasi pada kompetisi olimpiade, olah raga dan seni diberikan sebagai penghargaan karena telah mengharumkan nama bangsa.
"Salah satu persoalan yang dihadapi di tataran implementasi otonomi daerah adalah kelangkaan SDM yang berkualitas", Kata Gumilar.
Tetap Tes
Sistem yang digunakan dalam penerimaan jalur Kerja Sama Daerah dan Industri ini tetap melalui tes potensi akademik. Namun, berbeda dari SPMB, calon mahasiswa yang akan mengikuti tes itu adalah rekomendasi dari daerah dan industri. Program ini dibuka bagi sekitar 900 mahasiswa.
Lalu calon mahasiswa yang diterima di UI harus memenuhi persyaratan tertentu, yakni menandatangani kontrak dengan daerah atau industri yang bersangkutan untuk kembali bekerja di daerah dan industri setelah lulus. "Dengan demikian, nanti begitu lulus akan langsung mempunyai tempat bekerja", papar Gumilar.
Untuk peraih medali emas di olimpiade nasional dan internasional, mereka bisa masuk ke UI tanpa tes. Untuk jalur ini ada 35 mahasiswa. (sumber : Kompas 12/4)

No comments: