Sunday, 3 February 2008

Tips menghadapi ujian

Berikut beberapa Tips dalam menghadapi ujian supaya anda dapat melalui ujian dengan lancar dan mendapatkan hasil yang optimal :

1. Bawa perlengkapan yang diperlukan selama ujian supaya ketenangan kamu tidak terganggu , seperti pensil, penghapus, pulpen, penggaris dll.


2. Datanglah lebih awal supaya emosi kamu tetap terjaga, masih cukup waktu untuk memastikan ruangan dan kursi yang telah ditentukan dan ketoilet apabila diperlukan.

3. Selalu bersikap tenang, pelihara kepercayaan diri bahwa kamu telah siap untuk ujian dan hindari aktifitas yang dapat mengganggu kewaspadaan kamu dalam memonitor perkembangan saat ujian dimulai.

4. Perhatikan kertas soal dengan cermat untuk memastikan bentuk soal yang diujikan dan waktu yang tersedia. Isikan identitas kamu pada lembar jawaban dengan jelas dan benar.

5. Gunakan strategi umum yaitu menjawab semua pertanyaan yang mudah terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan pertanyaan bernilai tertinggi. Setelah itu baru kembali kesoal yang tersulit atau soal yang membutuhkan waktu yang lama untuk menjawabnya.

6. Khusus soal-soal pilihan ganda, tebaklah suatu pilihan jawaban pada saat tidak diberlakukan hukuman pengurangan nilai, atau tidak ada pilihan jawaban yang dapat kamu abaikan. Hati-hati ketika menebak suatu pilihan jawaban apabila kamu tidak mengetahui secara pasti dan hukuman pengurangan nilai diberlakukan.

7. Dalam mengerjakan soal-soal esai, upayakan agar pokok utama jawaban kamu sudah terurai seluruhnya pada paragraf pertama. Kemudian pada paragraf berikutnya dapat kamu uraikan lebih detail mengenai pokok-pokok jawaban sebelumnya dan seterusnya paparkan dukungan lebih mendalam dengan memberikan contoh, referensi atau uraian berupa kutipan.

8. Terakhir, periksalah kembali kertas jawaban anda apakah masih ada soal yang belum terjawab. Periksa setiap jawaban apakah sudah lengkap tanda-tanda (matematis), struktur kalimat, ejaan dan tanda baca (esai).

9. Apabila kamu merasa perlu melakukan koreksi, pikirkanlah dengan matang sampai kamu yakin benar karena biasanya keputusan pertama lebih benar.

No comments: