Tuesday, 5 February 2008

Nulis PUISI itu gimana ya ...?

Kayaknya dari semua karya sastra yang pernah kita temui, proses penciptaan yang paling mudah adalah menulis puisi. Bahkan kalau dilakukan survey kesekolah-sekolah maka data statistiknya akan menggambarkan bahwa lebih dari 90% siswa SMA sudah pernah menulis PUISI. Paling tidak didalam buku Diary masing-masing atau pada saat menulis pesan ama si Doi di buku catatan pasti adalah kata-kata yang berbau puisi .....gitu.

Coba simak dulu sajak berikut ini, sebuah karya Aan Mansur yang dikutip dari www.pecandubuku.blogspot.com , seperti berikut :


sewaktu lonceng
panjang berkeloneng

seorang anak terburu-buru
melintas pekarangan berbatu

dipunggung tembok gerbang
ia berhenti menulis sekalimat jalang

"selamat datang di sekolah!"

lalu berjalan tanpa rasa bersalah

ditulis di Makasar
24 Maret 2007

Kalau melihat puisi diatas kelihatannya memang cukup gampang menulis puisi ....ya kan ?

Tapi coba kita pastikan dulu deh ...puisi itu apa sih ? Terus bagaimana ...proses penciptaannya ....
Sabar ya ntar kita terusin lagi, sementara teruslah menulis .... apa saja dan katakan bahwa itu puisi !
Harap maklum .....

No comments: